Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Strategi Kampanye Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 pada Program “Desak Anies” di Channel Youtube Anies Baswedan

Jihan Ramaniya (Unknown)
Khilda Nurrohmah (Unknown)
Maulida Nuruzzahroh (Unknown)
Arief Kushardiansyah (Unknown)
Pia Khoirotun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik yang digunakan Anies Baswedan dalam program “Desak Anies” di kanal YouTube resminya selama kampanye Pemilihan Presiden 2024. Fokus utama penelitian adalah bagaimana strategi komunikasi tersebut membentuk persepsi kredibilitas Anies di mata generasi muda. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, melalui metode wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang aktif mengikuti program tersebut, dengan fokus pada dimensi kredibilitas menurut teori Venus (2004), yaitu keterpercayaan, keahlian, daya tarik, dan faktor pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program “Desak Anies” efektif dalam membangun citra kredibel melalui komunikasi dua arah yang terbuka, partisipatif, dan responsif. Mahasiswa menilai pendekatan interaktif ini mampu meningkatkan kepercayaan dan keterlibatan politik, sekaligus memperkuat citra Anies sebagai pemimpin yang jujur, berpengetahuan, dan komunikatif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kajian komunikasi politik digital serta strategi kampanye yang adaptif terhadap perkembangan media dan karakteristik generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...