Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Keterbukaan Diri Mahasiswa FISIP Universitas Singaperbangsa Karawang dalam Hubungan Pertemanan

Aulia, Firda (Unknown)
Lubis, Fardiah Oktariani (Unknown)
Nayiroh, Lulu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana hubungan komunikasi interpersonal terhadap keterbukaan diri dapat memberikan kontribusi akademis yang berarti bagi pemahaman tentang bagaimana hubungan interpersonal berkembang dan dipelihara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desktiptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan utama yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa aktif universitas singaperbangsa karawang tahun 2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak semua mahasiswa FISIP tahun 2024 universitas singaperbangsa karawang menerapkan lima komponen dari teori komunikasi interpersonal DeVito yaitu keterbukaan (openness), empati (empathy), dukungan (supportiveness), rasa positif (positiveness) dan kesetaraan (aquality). Keterbukaan diri mahasiswa dalam komunikasi interpersonal dilingkup pertemanan sangat dipengaruhi oleh pengalaman individu, mulai dari pengalaman baik hingga pengalaman negatif. Dengan demikian lingkungan komunikasi yang suportif, empatik dan tidak menghakimi sangat penting untuk mendorong Keterbukaan diri mahasiswa serta memperkuat hubungan, tidak semua mahasiswa langsung merasa nyaman untuk terbuka, beberapa dari informan memerlukan waktu untuk membangun rasa aman, terutama ketika berinteraksi dengan teman baru. Hal tersebut menunjukan jika membangun komunikasi yang berkualitas membutuhkan proses, empati serta komitmen dari kedua belah pihak untuk menciptakan hubungan yang sehat dan suportif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...