Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Pengaruh Locus of Control Terhadap Fear of Success Pada Karyawan Wanita di PT Multi Malindo Mandiri Medan

Rehna Ginting, Lusinta (Unknown)
Tandi Wijaya, Billy (Unknown)
Hartini, Sri (Unknown)
Giovani Aritonang, Marsela (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap fear of success karyawan wanita di PT Multi Malindo Mandiri Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan variabel tergantung adalah fear of success dan variabel bebas adalah locus of control. Sampel penelitian adalah 90 orang karyawan wanita PT Multi Malindo Mandiri Medan. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala sikap Likert. Penelitian ini mendapati bahwa locus of control dapat menjadi prediktor untuk memprediksi fear of success. Adanya hubungan positif yang signifikan antara internal locus of control dengan fear of success. Terdapat hubungan yang signifikan antara external locus of control dengan fear of success. Fear of success subjek penelitian lebih tinggi daripada populasi pada umumnya, internal locus of control subjek penelitian lebih tinggi daripada populasi pada umumnya serta external locus of control subjek penelitian lebih tinggi daripada populasi pada umumnya. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan efektif yang diberikan variabel locus of control terhadap fear of success adalah sebesar 55.9 persen, selebihnya 44.1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti self-control, self-efficacy, prokrastinasi, self-regulation dan motivasi berprestasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...