Kepemimpinan dalam konteks pendidikan Islam mencakup tanggung jawab yang tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga mencakup aspek spiritual dan moral. Para pemimpin di institusi pendidikan Islam dituntut untuk menjalankan peran mereka berdasarkan prinsip-prinsip etika yang bersumber dari Al-Qur'an, Hadis, serta keteladanan Rasulullah SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam prinsip-prinsip etika kepemimpinan dalam Islam, sumber normatifnya, implementasi di lembaga pendidikan, serta tantangan dan strategi pemecahannya. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi pustaka, hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang etis memiliki peran sentral dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang adil, transparan, dan berorientasi pada pembentukan karakter Islami. Prinsip-prinsip seperti kejujuran, amanah, keadilan, musyawarah, dan keteladanan memiliki dampak langsung terhadap efektivitas dan legitimasi kepemimpinan dalam institusi pendidikan Islam. Artikel ini menegaskan pentingnya meneladani Rasulullah SAW sebagai model ideal kepemimpinan etis dalam merespons tantangan zaman kontemporer.
Copyrights © 2025