Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Dan Self-Confidence Pada Domain Data Dan Ketidakpastian

Riupassa, Elviandry Tiara Asri (Unknown)
Nggaba, Mayun E (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi dan self-confidence pada domain data dan ketidakpastian. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII D yang masing-masing berjumlah 28 siswa dan menggunakan desain nonequivalent control grup design. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan numerasi yang terdiri dari 2 soal uraian dan angket untuk self-confidence yang terdiri dari 44 pernyataan. Berdasarkan hasil perhitungan, kemampuan numerasi siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 58% dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 33%. Self-confidence siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 7% dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 2%. Selain itu, hasil uji hipotesis diperoleh H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi dan self-confidence pada domain data dan ketidakpastian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi dan self-confidence pada domain data dan ketidakpastian di SMP Negeri 1 Waingapu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalcerdik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Topik artikel ilmiah yang akan diproses dan diterbitkan adalah bidang pendidikan dan pengajaran. Topik ini tidak dibatasi pada satu bidang pendidikan dan pengajaran saja, tetapi pada seluruh jenjang pendidikan dan pengajaran. Lingkup Topik Berdasarkan Tingkat Pendidikan: Pendidikan Anak Usia Dini ...