Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Ihsan Boarding School Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Sebanyak 44 siswa kelas VIII berpartisipasi dalam penelitian ini, dibagi menjadi dua kelompok: 22 siswa di kelompok eksperimen dan 22 di kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test, atau uji t. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Picture and Picture dan metode Ceramah. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing adalah 86,36 dan 79,09. Nilai t hitung sebesar 2,835 > t tabel = 1,681 dan nilai sig. sebesar 0,007 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran Picture-and-Picture memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam
Copyrights © 2025