Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 5 (2025): JPTI - Mei 2025

Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Berbasis Kontekstual di SMA Negeri 15 Muaro Jambi

Pinandhita, Boy (Unknown)
Kriswantoro, Kriswantoro (Unknown)
Asrial, Asrial (Unknown)
Damris, Damris (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran kimia berbasis kontekstual pada materi asam basa. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan sampel 26 siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Muaro Jambi. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar yang mencakup 15 indikator. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori Sedang (30,77%) dan Rendah (23,08%). Strategi pembelajaran berbasis kontekstual terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar siswa, meskipun diperlukan pendekatan tambahan untuk mendukung siswa dengan motivasi rendah. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran inovatif yang relevan dengan kehidupan nyata siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...