Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 4 (2025): JPTI - April 2025

Pengembangan Audio Book Berbasis Kualitatif sebagai Media Pembelajaran Musik Tradisional Tanji bagi Siswa Sekolah Dasar

Mugiyat, Arellya (Unknown)
Sukmayadi, Yudi (Unknown)
Sella, Fensy (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dan kontekstual dalam pengenalan musik tradisional Tanji di sekolah dasar, sehingga warisan budaya lokal semakin terpinggirkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan audiobook sebagai media pembelajaran alternatif yang inovatif untuk memperkenalkan musik Tanji kepada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan action research dengan teknik kualitatif-deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran. Audiobook dirancang dengan narasi interaktif, musik autentik, dan suara latar untuk menciptakan pengalaman belajar yang imersif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiobook mampu meningkatkan minat, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap konteks budaya musik Tanji. Selain itu, media ini terbukti inklusif dan efektif untuk berbagai gaya belajar, serta dapat diakses oleh siswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini berkontribusi terhadap inovasi dalam pendidikan seni budaya dan menunjukkan potensi teknologi digital dalam pelestarian musik tradisional, khususnya di wilayah dengan keterbatasan sarana pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...