Suatu keberhasilan dalam proses pembelajaran guru harus mampu mengembangkan potensi kreatifitas dalam mengajar atau dengan menggunakan model pembelajaran. Banyak guru yang menggunakan model pengajaran yang tidak mendorong siswa untuk aktif dalam belajar, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa, seperti yang terjadi di Gugus 4 Panji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (TGT) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Gugus 4 Panji Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment, berupa Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan hasil post test yang telah dilakukan terdapat nilai post-test siswa kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 66, sedangkan nilai post-test di kelas kontrol yaitu nilai tertinggi 69 dan nilai terendah 40. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian diatas dapat dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) berpengaruh terhadap hasil belajar berbantuan media quizizz pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Gugus 4 Panji tahun ajaran 2024/2025.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025