Pada Proyek Penguatan profil pelajar Pancasila. Siswa di kelas IV sebagian besar memiliki minat dan ketertarikan dalam berwirausaha dan guru kelas IV memberi wadah serta menyediakan fasilitas alat dan bahan untuk memfasilitasinya. peserta didik sangat antusias dalam berwirausaha. dari hal inilah guru memfasilitasi kebutuhan peserta didik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kewirausaha diterapkan di Kelas IV SDN 4 Curah Jeru Situbondo. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan selama proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa , terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengembangan kurikulum pada saat ini, peserta didik dituntut untuk memiliki nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, kemauan, dan tindak lanjut dalam melaksanakan nilai nilai tersebut, tetapi pada kenyataannya nilai-nilai karakter yang dituntut tidak terealisasikan dengan baik karena peserta didik belum dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu Membahas kegiatan pembelajaran dan proses yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan nilai proyek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 4 Curah Jeru. dalam pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan sesuatu yang baru, peserta didik sangat senang saat mengkuti kegiatan P5, peserta didik sangat terampil dan berbakat. dalam pembuatan proyek penguatan profil pelajar pancasila, guru sudah menyediakan fasilitas alat dan bahan yang mumpuni untuk peserta didik, dengan demikian membuat peserta didik sangat senang dan semangat. Berdasarkan data yang dikumpulkan, ini memungkinkan guru untuk menerapkan nilai P5 kepada peserta didik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025