Permasalahan loyalitas dan kepuasan kinerja guru-guru merupakan faktor yang terpenting sebagai ujung tombak dalam pendidik. Pemahaman guru tentang manajemen SDM mencakup perencanaan, seleksi, penempatan, pengembangan dan evaluasi. Namun lingkup manajemen ini belum semua guru memahaminya bahkan belum diterapkan secara efektif dan efisien. Sehingga berdampak kinerja guru sehari-hari di sekolah. Kegiatan pengabdian dilakukan pada Amal Usaha Muhammadiyah yaitu MIS Muhammadiyah Balung dalam bentuk pelatihan pada semua guru-guru dan karyawan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan menerapkan 3 tahapan yaitu pertama, perencanaan dengan melakukan koordinasi dengan mitra untuk menentukan jadwal pelaksanaan, peserta serta materi yang tepat untuk disampaikan, Kedua, pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan di madrasah MI Muhammadiyah Balung dengan jumlah peserta sebanyak 12 terdiri dari guru, tendik dan kepala sekolah. Pelatihan ini berusaha membuka wawasan untuk diimplementasikan di MIM balung. Ketiga, evaluasi kegiatan dengan cara merefleksi apa yang telah dilakukan oleh Madrasah serta melakukan perubahan yang lebih baik untuk perbaikan loyalitas dan kepuasan kinerja guru.
Copyrights © 2025