Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki peserta didik. Sebab keterampilan ini dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah di pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII-A sebanyak 32 peserta didik UPT SMP Negeri 10 Gresik Tahun Ajaran 2024/2025 dalam pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Pencernaan. Penelitian menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian kelas VIII-A sebanyak 32 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan tes yang berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan uji N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model Problem Based Learning dengan hasil N-gain kategori tinggi pada 84% peserta didik dan kategori sedang pada 16% peserta didik. Hal ini juga didukung oleh Skor N-gain pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran Problem Based Learning.
Copyrights © 2025