BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

ANALISIS PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERINTEGRASI DENGAN QUIZWHIZER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nabila, Nabila (Unknown)
Putra, Ie Johanes Juan Yutama (Unknown)
Satyawati, Sophia Tri (Unknown)
Dwikurnaningsih, Yari (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Perkembangan era digital mendorong guru untuk mampu memadukan model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan saat ini dan kebutuhan siswa. Salah satu model pembelajaran interaktif adalah model pembelajaran Team Games Tournament yang menggabungkan kuis berbasis permainan dengan menggunakan Quizwhizzer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terintegrasi Quizwhizzer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan di SMAS Karya Dharma Veteran Sambi, Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods dengan memberikan angket dan wawancara kepada siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan observasi. Teknik validasi data kualitatif menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik validasi data kuantitatif menggunakan expert judgement. Analisis data kualitatif menggunakan teknik Milles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis persentase. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai N-gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil respon siswa menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran TGT terpadu Quizwhizzer dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan sehingga berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar kognitif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...