Penurunan minat belajar Biologi di kalangan peserta didik menjadi perhatian penting dalam dunia pendidikan, terutama pada jenjang SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar peserta didik kelas XI Fase F di SMAN 15 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang disebarkan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan minat belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model TGT, dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Peningkatan terlihat dari keempat indikator minat belajar, yaitu ketertarikan, perhatian, keterlibatan, dan perasaan senang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model TGT secara efektif dapat meningkatkan minat belajar Biologi peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025