BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PBL PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI FASE F SMA/MA

Hidayati, Shil (Unknown)
Zainul, Rahadian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi termokimia untuk Fase F di SMA/MA. Penelitian pengembangan E-LKPD ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4-D. Model 4-D ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Namun, tahap pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Hasil pengembangan bahan ajar yang telah dirancang kemudian diuji validitas dan kepraktisannya untuk memenuhi kriteria sebagai sebuah E-LKPD. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi yang terdiri dari komponen isi, komponen penyajian, komponen kebahasaan, komponen kegrafikan dan aspek program. Validasi dilakukan oleh 5 orang validator yang terdiri dari dosen kimia FMIPA UNP dan 2 guru kimia SMAN 9 Padang. Pengujian validasi mengunakan rumus Aiken’s V. Uji kepraktisan dilakukan oleh 2 guru kimia dan 8 peserta didik SMAN 9 Padang. Pengujian ini menggunakan rumus modifikasi Purwanto. Berdasarkan hasil analisis, validasi E-LKPD sebesar 0,86 dengan kategori valid, sedangkan praktikalitas E-LKPD sebesar 93% dengan kategori sangat praktis baik nilai yang diberikan guru dan peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...