BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

KURIKULUM BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Usman, Usman (Unknown)
Oktaviani, Ria (Unknown)
Hajali, Siti Herlina (Unknown)
Muliani, Mitahul Putri (Unknown)
Fauziah, Fadila (Unknown)
Affianie, Nadhia (Unknown)
Patmawati, Eulis (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran biologi memiliki karakteristik yang cukup kompleksĀ  karena mencakup berbagai konsep abstrak yang memerlukan pengertian mengenai hubungan di antara elemen-elemen dalam sistem kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi dalam kurikulum pembelajaran biologi sebagai langkah untuk meningkatkan efektivitas proses pengajaran. Metode yang diterapkan adalah systematic literature review dengan menganalisis publikasi ilmiah online yang terpercaya dan terbaru melalui proses perumusan pertanyaan, pencarian bahan bacaan, pemilihan artikel, analisis kualitatif, validasi hasil, dan penyajian temuan secara terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi seperti Augmented Reality, Laboratorium Virtual, Virtual Reality, dan Sistem Manajemen Pembelajaran memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman konsep, motivasi belajar, dan penguasaan keterampilan abad ke-21 oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum yang berbasis teknologi dalam pembelajaran biologi adalah suatu kebutuhan strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di era digital, meskipun masih terdapat tantangan terkait infrastruktur dan kompetensi teknologi di antara guru dan murid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...