BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

IMPLEMENTASI PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DALAM UPAYA MENJAGA KESEHATAN ANAK USIA DINI

Sativa, Filsa Era (Unknown)
Buahana, Baiq Nada (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Kesehatan anak sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal. Salah satu upaya menjaga kesehatan anak adalah melalui penerapan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang dapat dilaksanakan baik di lingkungan masyarakat maupun sekolah. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Negeri Pembina Ampenan dan efektivitasnya dalam membentuk kebiasaan hidup sehat pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara,dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seluruh warga sekolah TK Negeri Pembina Ampenan termasuk kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan PHBS sangat optimal, dengan keberhasilan kebersihan diri mencapai 95% dan kebersihan lingkungan 92%. Program mencakup mencuci tangan, kebersihan gigi, pemeriksaan kuku kaki dan tangan, makanan sehat dan bergizi, toilet training, deteksi dini tumbuh kembang anak, kegiatan olahraga secara rutin, membuang sampah pada tempatnya, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, serta merapikan barang sesudah berkegiatan. Keberhasilan program didukung oleh perencanaan sistematis, keterlibatan stakeholder, sarana prasarana yang memadai, dan evaluasi rutin. Peran aktif guru dan kerja sama dengan orang tua, puskesmas, serta dinas kesehatan turut memperkuat efektivitas program. Evaluasi menunjukkan adanya perubahan positif dalam perilaku anak. Secara keseluruhan, program PHBS efektif dalam meningkatkan kesadaran kesehatan dan mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...