Permasalahan yang sering ditemukan pada pembelajaran yakni rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 3 Maluk tergolong rendah, yakni sekitar 62% peserta didik belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Treasure Hunt Game terhadap hasil belajar IPAS Kelas V SD Negeri 3 Maluk. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitaif dengan desain quaisi eksperimen nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini mengambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen V A total 21 siswa sedangkan kelas kontrol terpilih V B total 21 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes serta menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi (P) sebesar 0,000 dan nilai t hitung sebesar 5,319. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan thitung lebih besar dari t tabel (2,021), maka H? ditolak dan H? diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Treasure Hunt Game berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 3 Maluk Tahun Ajaran 2024/2025.
Copyrights © 2025