Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal ilmiah Pendidik Indonesia

Tinjauan Literatur Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Aulia Safitri (Unknown)
Rilo Pambudi Triantoro (Unknown)
Muhammad Febri Mawardi (Unknown)
Aslamiah (Unknown)
Celia Cinantya (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Melalui studi pustaka terhadap berbagai literatur dan hasil penelitian terdahulu, ditemukan bahwa kompetensi guru, khususnya dalam aspek profesionalisme dan pedagogik, masih belum memenuhi standar yang diharapkan. Kepemimpinan transformasional, yang ditandai oleh empat dimensi utama—pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual—terbukti mampu mendorong pengembangan profesional guru secara berkelanjutan serta menciptakan iklim kerja yang kolaboratif dan inovatif di lingkungan sekolah. Temuan studi ini menunjukkan bahwa penerapan kepemimpinan transformasional berkontribusi signifikan terhadap peningkatan performa dan kualitas pembelajaran, terutama melalui pemberdayaan guru, peningkatan partisipasi dalam pengambilan keputusan, serta penumbuhan budaya belajar yang positif. Artikel ini merekomendasikan pentingnya integrasi prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional dalam kebijakan pendidikan, program pelatihan, dan sistem sertifikasi kepala sekolah agar lebih adaptif terhadap tuntutan perubahan dan mampu memfasilitasi transformasi pendidikan yang berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...