Jurnal Asimilasi Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2025): Jurnal Asimilasi Pendidikan, April 2025

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMAN 3 Pamekasan Pada Pembelajaran Biologi

Sari, Desi Indah (Unknown)
Isnawati, Isnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas X SMAN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas-Kolaboratif (PTK-K). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Pamekasan. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-H. Data penelitian berupa hasil pretest dan postest kemampuan berfikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan perhitungan Skor N-gain. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Nilai N-gain pada siklus I menunjukkan hasil dari rata-rata dari seluruh indikator sebesar 0,46 yang termasuk dalam kriteria sedang, terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 0,74 yang termasuk dalam kriteria tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Asimilasi Pendidikan is a peer-reviewed, open access, and online journal about all aspect of Education which is published by LPP Arrosyidin. Jurnal Ilmiah Global Education is published quarterly a year, every January, April, July and ...