Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 5 No 2 (2025): JPMI - April 2025

Pendampingan Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan

Sari, Dwi Ivayana (Unknown)
Rusnita Dewi, Hefi (Unknown)
Nuraini, Nuraini (Unknown)
Faizah, Nur (Unknown)
Angraini, Novita (Unknown)
Sururoh, Maulidatus (Unknown)
Ulum, Miftahul (Unknown)
Zeini, Irfan (Unknown)
Rizky Septiadi Perdana, Moch. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan perlu dikenalkan sejak dini mulai jenjang Anak Usia Dini (AUD). Namun, kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan sangat rendah, sekitar 80% siswa belum mengenal huruf dan angka. Hal ini dikarenakan sarana dan prasarana guna mendukung proses pembelajaran kurang maksimal. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan melalui pendampingan pembelajaran visual. Subjek pengabdian ini adalah siswa Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan. Tahapan pengabdian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Indikator keberhasilan dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu banyak siswa yang tuntas belajar  dan peningkatan pretest dan postest . Hasil menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa KB dan siswa TK meningkat, karena ketuntasan belajar secara klasikal pada kelas KB dan kelas TK setelah dilakukan pendampingan pembelajaran visual mencapai  dan peningkatan skor pretest dan postest pada kelas KB dan kelas TK . Ini menunjukkan bahwa pembelajaran visual dapat dilakukan oleh guru PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan perlu dikenalkan sejak dini mulai jenjang Anak Usia Dini (AUD). Namun, kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan sangat rendah, sekitar 80% siswa belum mengenal huruf dan angka. Hal ini dikarenakan sarana dan prasarana guna mendukung proses pembelajaran kurang maksimal. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan melalui pendampingan pembelajaran visual. Subjek pengabdian ini adalah siswa Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan. Tahapan pengabdian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Indikator keberhasilan dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu banyak siswa yang tuntas belajar  dan peningkatan pretest dan postest . Hasil menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa KB dan siswa TK meningkat, karena ketuntasan belajar secara klasikal pada kelas KB dan kelas TK setelah dilakukan pendampingan pembelajaran visual mencapai  dan peningkatan skor pretest dan postest pada kelas KB dan kelas TK . Ini menunjukkan bahwa pembelajaran visual dapat dilakukan oleh guru PAUD Cahaya Dutam, Bangkalan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...