Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 2 (2025): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

TIKTOK IN COLLEGE PROMOTION: A CASE STUDY OF POPULAR COLLEGE TIKTOK ACCOUNTS IN YOGYAKARTA

Ekawati, Ratna (Unknown)
Jiwana Adikara, Gilang (Unknown)
Prasetyo Nugroho Saputro, Eko (Unknown)
Ikrima, Nabila (Unknown)
Aulia, Anugerah Tesa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Popularitas TikTok membuat aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga sebagai alat promosi yang efektif. Fitur-fitur yang ada di TikTok mampu menciptakan tren viral yang menjadikannya sebagai pilihan pemasaran yang potensial karena dapat melibatkan pengguna secara langsung dan memberikan dampak yang lebih besar. Selain banyak digunakan oleh lembaga bisnis, TikTok juga digunakan oleh lembaga pendidikan. Banyak perguruan tinggi dan universitas yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan mahasiswa, mengunggah konten yang berhubungan dengan kehidupan kampus, kegiatan mahasiswa, dan memperbarui informasi terkini. Penggunaan TikTok oleh lembaga pendidikan membantu menciptakan hubungan yang lebih dekat dan lebih personal dengan civitas akademika. Tren tersebut menarik karena setiap perguruan tinggi memiliki strategi yang berbeda dalam memanfaatkan konten TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya konten TikTok di berbagai perguruan tinggi dan mengukur efektivitas strategi tersebut berdasarkan tingkat keterlibatan yang diperoleh oleh setiap akun TikTok perguruan tinggi yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten kualitatif. di Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Atmajaya dan Universitas Amikom.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilkom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication ...