Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 2 (2025): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

KOMUNIKASI BUDAYA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN: STUDI NETNOGRAFI PADA AKUN TIKTOK @PESONAINDONESIA

Fariza, Muhammad Rio (Unknown)
Milyane, Tita Melia (Unknown)
Sutarjo, Moch. Armien Syifaa (Unknown)
Rohimakumullah, Muhammad Al Assad (Unknown)
Widyaningrum, Septiana Yustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi budaya yang digunakan oleh akun TikTok resmi Kementerian Pariwisata Indonesia @pesonaindonesia dalam mempromosikan destinasi wisata dan budaya lokal kepada generasi Z. Dengan menggunakan pendekatan netnografi, studi ini menganalisis lima konten dengan tingkat interaksi tertinggi yang diposting antara Januari hingga Mei 2025. Model encoding/decoding Stuart Hall digunakan untuk memahami bagaimana audiens menafsirkan konten berdasarkan latar budaya masing-masing. Hasil menunjukkan bahwa komunikasi budaya melalui format digital yang kreatif dan mengikuti tren viral efektif dalam membangun keterlibatan audiens. Temuan juga menunjukkan bahwa penggunaan gaya komunikasi non-formal serta audio viral dapat memperkuat atau, namun disisi lainnya,  dapat mengaburkan pesan utama promosi budaya. Studi ini menegaskan pentingnya penyesuaian strategi komunikasi budaya dalam konteks digital guna mencapai efektivitas pesan dan keterlibatan audiens secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilkom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication ...