Jambura Journal of Administration and Public Service
Vol 5, No 2 (2025): Volume 5 Nomor 2 April 2025

Standar Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Sabali, Susanto (Unknown)
Tui, Fenti Prihatini (Unknown)
Nani, Yacob Noho (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini terkait standar pelayanan publik yang merupakan upaya sistematis untuk menjamin bahwa setiap layanan yang diberikan oleh lembaga publik kepada masyarakat memenuhi kriteria kualitas, efisiensi, dan keadilan. Ini bukan sekadar seperangkat aturan, melainkan komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada warga negara dalam setiap interaksi dengan pelayanan pemerintah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa kualitas pelayanan administrasi sudah berjalan dengan baik dari segi ketampakan fisik (Tangible), kehandalan (Realibility), jaminan (assurance), daya tanggap (responsiveness) untuk menunjang berjalannya pelayanan kurang memadai, tempat pelayanan terbatas, kurangnya kendaraan, dan kurangya memadai jaringan. Dan juga lingkungan di luar kantor masih terbilang kotor, hal ini di karenakan minimnya dana yang tersedia di kantor desa wonggarasi tengah sehingga pemerintah desa sulit untuk memenuhi sarana dan prasarana yang di butuhkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jjaps

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini dimaksudkan sebagai forum komunikasi Administrasi Publik dan ilmuwan lain dari banyak praktisi yang menggunakan Manajemen Pelayanan Publik dan Kebijakan Publik dalam penelitian. Naskah artikel meliputi bidang Manajemen dan Pelayanan Publik; Kebijakan publik; Manajemen Kepemimpinan; ...