Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen dan Akuntansi Medan Januari 2025

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Café Kokoro

Ihdina Gustina (Unknown)
Dedy Lazuardi (Unknown)
Putri Wahyuni (Unknown)
Muammar Rinaldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Latar belakang: Cafe telah menjadi pusat pertemuan sosial dan telah menjadi integral dari budaya perkotaan modern di seluruh dunia. Dalam persaingan yang semakin ketat di industri ini, penting bagi pemilik bisnis cafe untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Desain Eksterior dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kokoro. Metode penelitian: Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Cafe Kokoro. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 150 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian: Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Desain Eksterior 16,076 > ttabel 1,655 dan variabel Cita Rasa tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kokoro dimana thitung 2,644 > ttabel 1,655. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 156,293 > Ftabel 2,34 yang berarti variabel bebas yaitu Desain Eksterior dan Cita Rasa secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian pada Cafe Kokoro. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 68% variabel Keputusan Pembelian pada Cafe Kokoro dipengaruhi oleh variabel Desain Eksterior dan Cita Rasa, sedangkan sisanya sebesar 32% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain Kesimpulan: Cafe Kokoro diharapkan dapat mempertahankan ruang eksterior yang luas agar pelanggan dapat bergerak leluasa demi kenyamanan pelanggan seperti mengatur jarak antar meja serta menggunakan furnitur berbahan alami untuk mendukung konsep Jepang sehingga pelanggan tetap memilih cafe Kokoro sebagai tempat pilihan utama berkumpul

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumansi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JUMANSI: Jurnal Manajemen dan Akuntasi adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Manajemen dan Akuntansi. JUMANSI terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. JUMANSI mempublikasikan karya ilmiah terbaik berdasarkan proses seleksi di bidang ...