Journal of Vocational Instruction
Vol 3, No 1 (2024): Mei

PENGARUH MERDEKA BELAJAR TERDAHAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PENGELASAN SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO

Palerangi, Andi Muadz (Unknown)
Nurlaela, Nurlaela (Unknown)
Amri, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengetahui apakah merdeka belajar memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat belajar siswa kelas X (sepuluh)  teknik pengelasan SMK Muhammadiyah Bungoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel  dalam penelitian ini sebanyak 41 responden. Adapun responden dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) teknik pengelasan SMK Muhammadiyah Bungoro. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asusmsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Variabel merdeka belajar (X) berpengaruh terhadap variabel minat belajar (Y). Hasil pengujian tersebut diperoleh dari nilai konstanta (a) variabel X sebesar 7,606 yang mengandung arti bahwa nilai konsistensi variabel merdeka belajar sebesar 7,606. Nilai koefisien regresi (b) variabel X sebesar 0,967 yang menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai merdeka belajar maka minat belajar akan bertambah sebesar 0,967. 2) Secara parsial berpengaruh terhadap variabel minat belajar (Y). Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa, nilai t_tabel   dengan alpha 5% sebesar 2022 dan nilai t_hitung  sebesar 14,624 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga t_hitung > t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima,. Dengan demikian hasil uji t (parsial) adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel merdeka belajar (X) terhadap minat belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jovi

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

Jurnal JoVi; Journal of Vocational Instruction adalah salah satu jurnal yang konsisten memuat berbagai jenis artikel berupa hasil penelitian, gagasan dan kajian pustaka di bidang pendidikan, teknologi dan kejuruan khususnya pada bidang Teknik Mesin. Jurnal JoVi terbit 2 kali pada Bulan Mei dan ...