Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora
Vol. 5 No. 1 (2025): Juni 2025

Pembelajaran Kooperatif sebagai Metode untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran

Yarmayani, Ayu (Unknown)
Afrilia, Diliza (Unknown)
Syaputra ZE, Deki (Unknown)
Pamungkas, Satrio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Model kooperatif tipe group investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Siswa dilibatkan sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Model kooperatif tipe group investigation menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Model pembelajaran ini juga dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri, penalaran dan keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil survei terlihat bahwa 52% atau 17 orang siswa sangat setuju dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menghitung luas serta keliling bangun datar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kolaborasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat bertukar ide, saling belajar, dan mengembangkan solusi kreatif untuk masalah. Selain itu, kolaborasi juga meningkatkan rasa tanggung jawab dan kerjasama dalam kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ABDIMASSOSIORA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora merupakan media publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen maupun mahasiswa terkait masalah Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial dan Humaniora, yang mencakup disiplin ilmu yang luas, seperti: ...