QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Problematika dan Strategi Kepemimpinan Islami dalam Lembaga Pendidikan Islam

Nadia Saputri (Unknown)
Putri Anggalia P.S (Unknown)
Ahmadi, Ahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam memiliki posisi strategis dalam menentukan arah, efektivitas, dan keberlangsungan institusi. Namun, berbagai tantangan seperti gaya kepemimpinan otoriter, lemahnya komunikasi, ketidakefektifan pendelegasian, hingga tidak terselesaikannya konflik internal, masih menjadi masalah krusial yang menghambat pencapaian tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam serta merumuskan strategi reformasi berdasarkan nilai-nilai Islami. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, melalui analisis literatur akademik tahun 2013–2025 yang relevan dengan kepemimpinan dan manajemen konflik. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan Islami yang berkarakter, adil, komunikatif, dan partisipatif sangat dibutuhkan. Beberapa strategi solutif yang ditemukan meliputi: suksesi kepemimpinan berbasis kompetensi, forum musyawarah rutin, pelatihan kepemimpinan Islami, serta penguatan budaya organisasi yang inklusif. Dengan penguatan nilai Qur’ani dan Sunnah, kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam dapat menjawab tantangan zaman dan membentuk generasi berakhlak karimah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...