QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Analisis Praktik Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SMPN 02 Jenggawah

Rofiq Hidayat (Unknown)
Rafa Kesya Maulana (Unknown)
Rajif Jundi Arrabani (Unknown)
Refy Eka Yuni Saputra (Unknown)
Regita Jenitia Sari Anggraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Pengelolaan aset pendidikan yang efisien dan akuntabel merupakan elemen penting dalam mendukung mutu layanan pendidikan. Namun, banyak sekolah negeri masih menghadapi kendala dalam penghapusan atau pemusnahan sarana dan prasarana yang tidak lagi digunakan, sehingga berisiko mengganggu efektivitas dan akuntabilitas tata kelola. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penghapusan aset di SMPN 02 Jenggawah dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan regulasi yang berlaku. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan telaah dokumen inventaris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah tidak melakukan penghapusan aset secara administratif sesuai prosedur, melainkan mengalihkan fungsi barang secara internal melalui musyawarah. Praktik ini dinilai efisien dalam pemanfaatan ruang, namun lemah dari aspek legalitas dan akuntabilitas. Kendala utama mencakup minimnya pemahaman teknis, ketiadaan sistem informasi digital, dan kurangnya koordinasi dengan dinas terkait. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya reformasi dalam sistem pencatatan, pelaporan, dan evaluasi aset pendidikan, serta perlunya pendampingan teknis dan pelatihan manajemen aset bagi satuan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...