Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 19 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan UNIGA

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI BANJARAN 1 KOTA KEDIRI

Maulina Dwi Ristanti (Unknown)
Encil Puspitoningrum (Unknown)
Siti Karimatussalamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kurangnya variasi dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya semangat dan motivasi belajar siswa. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan media pembelajaran Wordwall dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Banjaran I Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Wordwall berdampak positif, terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, 46% siswa berada pada kategori tinggi, dan meningkat menjadi 73% pada kategori sangat tinggi di siklus II. Kesimpulannya, penggunaan media Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Banjaran I Kota Kediri.   Kata-kata Kunci: Wordwall, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...