el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 8, No 1 (2025): el ibtidaiy

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN P5 MELALUI PEMBUATAN BUKU ANTOLOGI CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SDMT PONOROGO

Fitriani, Aisyah Nur (Unknown)
Saputro, Anip Dwi (Unknown)
Abidin, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik melalui pembuatan antologi cerita pendek. Dengan melibatkan peserta didik dalam proses kreatif untuk menulis dan menerbitkan buku, penelitian ini melihat bagaimana proyek ini berdampak pada kreativitas, pemikiran kritis, dan kemampuan menulis secara keseluruhan. Penelitian ini melibatkan peserta didik dari SDMT Ponorogo yang berpartisipasi dalam proyek P5. Hasil menunjukkan bahwa proyek tersebut berhasil meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, terutama dalam hal kreativitas dan kemandirian. Selain itu, proyek ini membantu orang mempelajari keterampilan modern seperti bekerja sama dan memecahkan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa P5 dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Sekolah dapat mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar yang aktif dan kreatif dengan memasukkan proyek-proyek kreatif seperti membuat antologi cerita pendek ke dalam kurikulum.               

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...