Materi IPA tentang wujud zat benda seringkali memiliki tujuan untuk mengajarkan siswa tentang jenis-jenis zat, perubahan wujud, dan lain-lain. Namun, mencapai tujuan-tujuan tersebut bisa menjadi sulit jika guru masih menggunakan metode ceramah konvensional. Salah satu solusi yang dapat diterapkan oleh guru adalah mengadopsi media pembelajaran yang lebih sesuai, sehingga siswa dapat dengan lebih mudah mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Media pembelajaran scramble berbasis flashcard merupakan metode yang menuntut siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam memecahkan sebuah persoalan, sehingga siswa dibuat agar dapat lebih berpartisipasi aktif selama pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini bahwa skala kelayakan media pembelajaran SIFOCUS dari validasi materi memperoleh skor 90,41% dan ahli media memperoleh skor 90,54%, sehingga penilaian mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Penilaian terhadap jawaban angket motivasi belajar siswa memperoleh kategori “Sedang”, dengan dengan nilai 0,44 Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran SIFOCUS layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025