Pesantren Pondok Al-MIZAN Panongan merupakan sekolah informal yang menggunakan pendekatan Bandungan untuk mengajarkan kitab kuning. Selanjutnya, Metode Sorogan juga digunakan oleh pondok pesantren ini untuk membantu para santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Kitab Kuning mereka. Studi kasus adalah jenis penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Metode Sorogan secara signifikan meningkatkan pembelajaran kitab kuning, dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca santri sebelum dan setelah menggunakan Metode Sorogan serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan Metode Sorogan Berbasis Aplikasi Maktabah Syamilah di Pondok Pesantren AL-MIZAN dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri
Copyrights © 2025