Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin

Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Kecerdasaan Emosional Mahasiswa

Supriyadi, Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap intensitas penggunaan gawai (X) terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Panca Sakti Bekasi (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik sampel menggunakan stage random sampling. Sampel penelitian berjumlah 43 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Linear Regresi Y = 32,341 + 0,652 X (2) Intensitas penggunaan gawai mahasiswa berpengaruh positif terhadap  kecerdasan emosional mahasiswa. (3) Uji signifikansi didapat persamaan garis regresi F hit lebih kecil dari 0,05 dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau intensitas penggunaan gawai berpengaruh terhadap kecerdasan emosional mahasiswa. (4) Koefisien korelasi (rxy) = 0,652 dan Fhit (Fchange) = 32,341, dengan p-value lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y adalah berarti atau signifikan. Koefisien determinasi 0,652, yang mengandung makna bahwa 65,2 % variasi variabel kecerdasan emosional mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...