Era society 5.0 menuntut siswa untuk memiliki kecakapan abad-21 salah satunya adalah keterampilan metakognitif. Observasi awal menunjukkan bahwa metakognitif siswa tergolong minim karena kurang memiliki kepercayaan diri, sulit mengkomunikasikan ide dan kurang memahami konsep materi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model pembelajaran QOGAE berbantuan media edumation yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Jenis penelitian mengacu pada Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah siswa XI 2 dan XI 5 SMA Negeri 13 Makassar yang masing-masing berjumlah 36 orang. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model, aktivitas guru, sikap siswa dan lembar angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory). Adapun data di analisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran QOGAE (Questioning, Organizing, Guide, Assess and Evaluate) efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Rata-rata N-gain kelas XI 2 sebesar 0,73 dan XI 5 sebesar 0,72 sehingga terbukti efektif meningkatkan keterampilan metakognitif siswa.
Copyrights © 2025