Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi
Vol 2, No 1 (2025): Mei 2025

Peran Struktur Sosial Budaya Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Era Pembangunan 5.0 di Desa Sampali

Anifah, Anifah (Unknown)
Azzahrah, Liza (Unknown)
Ainiyah, Dinda Putri (Unknown)
Ginting, Febry Yanti Br (Unknown)
Pitri, Novia Riani (Unknown)
Utami, Maysa Putri (Unknown)
Simamora, Nabila (Unknown)
Sihaloho, Bonario Laurensius (Unknown)
Maulidzha, Lidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Pembangunan 5.0 menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan, termasuk dalam bidang sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran struktur sosial budaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Desa Sampali serta kendala yang dihadapi dalam implementasi program yang telah dirancang. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan berbagai pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun masyarakat memiliki semangat tinggi untuk berpartisipasi dalam program sosial budaya, terdapat ketidakjelasan dalam perkembangan dan kelanjutan program yang telah dirancang. Hal ini disebabkan oleh lambatnya proses administratif, terutama dalam penerbitan Surat Keputusan (SK) oleh pihak berwenang. Akibatnya, inisiatif masyarakat terhambat, dan partisipasi dalam pembangunan sosial budaya menjadi terbatas. Temuan ini mengindikasikan perlunya reformasi dalam sistem birokrasi agar partisipasi masyarakat dapat lebih optimal dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi dengan nomor ISSN terdaftar 3046-7896 (Cetak) dan 3046-7187 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli ...