Abstrak Artikel ini membahas efektivitas penggunaan e-LKPD berbasis Project-Based Learning (PjBL) yang dikombinasikan dengan pendekatan berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP. PjBL menawarkan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan relevan, sementara pendekatan berdiferensiasi memungkinkan guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi e-LKPD berbasis PjBL dan pendekatan berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis tetapi juga partisipasi dan pemahaman siswa terhadap struktur teks prosedur. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan akses teknologi dan kesiapan guru, solusi berupa penyediaan fasilitas teknologi dan pelatihan guru diusulkan sebagai langkah mitigasi. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya dukungan kebijakan pendidikan dan pengembangan lebih lanjut dalam implementasi metode ini untuk keberlanjutan pembelajaran yang efektif. Metode ini berpotensi besar dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam menulis teks prosedur, sehingga dapat menjadi strategi yang adaptif dan inovatif dalam pendidikan bahasa Indonesia di SMP. Kata Kunci: e-LKPD berbasis PjBL; keterampilan menulis teks; prosedur pendekatan berdiferensiasi
Copyrights © 2025