Kualitas pembelajaran di pendidikan tinggi sangat dipengaruhi oleh perencanaan yang sistematis dan terdokumentasi dengan baik. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk merencanakan dan merefleksikan proses pembelajaran adalah portofolio pembelajaran. Namun, sebagian besar dosen belum memahami bentuk dan manfaat portofolio tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk workshop yang melibatkan dosen Teknik Sipil. Kegiatan meliputi sosialisasi konsep portofolio, pemberian contoh, serta pendampingan penyusunan portofolio masing-masing peserta. Efektivitas kegiatan diukur melalui pretest dan posttest. Data menunjukkan peningkatan skor pemahaman peserta setelah mengikuti workshop. Sebagian besar peserta mampu menyusun portofolio yang sesuai dengan prinsip perencanaan pembelajaran yang baik. Sebanyak 92,3% peserta mampu mendefinisikan portofolio dengan tepat setelah pelatihan, dibandingkan 15,4% sebelum pelatihan. Pemahaman terhadap komponen dan fungsi portofolio meningkat hingga 100%, serta kesiapan menyusun portofolio meningkat dari 30,8% menjadi 76,9%. Peningkatan hasil posttest menunjukkan bahwa workshop ini berkontribusi positif terhadap pemahaman dosen dalam menyusun portofolio. Respons peserta juga menunjukkan bahwa kegiatan ini relevan dengan kebutuhan peningkatan mutu pembelajaran. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan portofolio dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kapasitas dosen, sekaligus mendukung praktik pembelajaran yang lebih terstruktur dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025