Pada bagian ini, UMKM di Desa Tlasih Tulangan berprofesi sebagai wirausaha yang memanfaatkan peluang dan menggunakan bahan baku dari alam.  Sebagian besar produksi dan berbagai produk yang dijual oleh UMKM masih diproduksi secara manual dan jumlahnya belum banyak, sehingga kapasitas penjualannya pun masih menggunakan tenaga manual atau tenaga manusia untuk membuat produknya. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan pendekatan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami suatu fenomena atau kejadian secara mendalam. Pendekatan ini lebih berfokus pada penjelasan dan pemahaman tentang bagaimana suatu fenomena terjadi, bagaimana orang mengalaminya, dan bagaimana makna terbentuk dari sudut pandang partisipan. Penelitian deskriptif kualitatif biasanya melibatkan pengumpulan data berupa kata-kata, gambar, atau tindakan dari para partisipan, dan analisis data dilakukan secara subjektif, terutama melalui teknik-teknik seperti wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis isi. Penyuluhan yang diberikan kepada UMKM Tlangsih Bone bertujuan untuk memastikan bahwa dalam jangka panjang mereka dapat mengetahui secara cermat dan akurat bagaimana hasil penjualan mereka akan meningkat hingga 50% dari pendapatan normal sebelum munculnya e-commerce. Dampak dari peningkatan tersebut UMKM sendiri akan merasakan kesejahteraan dari segi sosial dan ekonomi untuk meme nuhi kebutuhan bisnis dan mampu memperluas lapangan pekerjaan. Strategi Pengembangan Penjualan Penggunaan strategi pengembangan penjualan yang akan diberikan dalam metode ini adalah product, place, price, promotion, yang masing-masing harus dapat diperoleh dengan baik diimplementasikan sebagai salah satu jenis tahapan, prioritas utama penjualan produk dapat meningkat secara drastis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025