cover
Contact Name
Purwanto
Contact Email
lppmmahardhika@stiemahardhika.ac.id
Phone
+6285850296053
Journal Mail Official
jihapenmas@stiemahardhika.ac.id
Editorial Address
Jalan Wisata Menanggal No 42A Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jihapenmas
ISSN : -     EISSN : 30467578     DOI : 10.29062
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat adalah jenis jurnal ilmiah yang fokus pada dokumentasi, analisis, dan penyebarluasan hasil kegiatan hilirisasi yang terkait dengan pengabdian masyarakat. Ini mencakup bagaimana penelitian atau inovasi yang dihasilkan dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan masyarakat atau digunakan oleh industri. Artinya, jurnal ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana penelitian dan inovasi dapat memberikan dampak positif yang konkret pada masyarakat luas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Strategi Perbaikan Kinerja Operasional Melalui Analisa SWOT Tri Wahjoedi; Anita Kartika Sari; Amrina Yulfajar; Shobikin; Fajar Tenovita Sari; Etin Puspita Sari; Purwanto
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.827

Abstract

This community service aims to present a SWOT analysis to provide support to the company PT SJL in facing the challenges of increasing competition in the logistics industry. This SWOT approach identifies internal strengths, weaknesses, opportunities and external threats. From this analysis, 13 recommended actions were produced which were ordered based on priority to improve operational performance. S-O (optimizing strengths to take advantage of opportunities) and W-O (overcoming weaknesses to take advantage of opportunities) strategies are the main focus. Implementation of subsequent corrective actions is carried out by considering the resources owned by PT SJL, in accordance with predetermined priorities. It provides systematic and adaptive guidance to improve a company's competitiveness in a dynamic business environment.
Ide Jualan Es Lumut Viral Datangkan Keuntungan Berlipat Setiap Harinya Dilla Tasya Anjani; M Firdaus Firmansyah; Achmad Alfian Dafa Salafin; Wiwik Safitri; Christina Wulansari; Fanny Dwi Puspitasari
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.840

Abstract

Naskah pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyajikan strategi perbaikan menggunakan analisis SWOT yang dilakukan dalam memberikan dukungan terhadap perusahaan PT SJL dalam menghadapi tantangan meningkatnya persaingan di industri logistik. Pendekatan SWOT ini melalui identifikasi faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman. Dari analisis tersebut, dihasilkan 13 rekomendasi tindakan yang diurutkan berdasarkan prioritas untuk meningkatkan kinerja operasional. Strategi S-O (mengoptimalkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang) dan W-O (mengatasi kelemahan untuk memanfaatkan peluang) menjadi fokus utama. Implementasi tindakan perbaikan selanjutnya dilakukan dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki PT SJL, sesuai dengan prioritas yang telah ditentukan. Ini memberikan panduan yang sistematis dan adaptif untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.
Evaluasi Efektivitas Program Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Kasus Pengembangan Penjualan Mie Pangsit Dapoer Mamaka Dhinda Lintang Dhinda Lintang; Dhinda Lintang Cahya Gumilang; Risqy Maudy Inayah; Zahra Nur Annisa; Stefanny Audrey Graciella Sutedjo; Akhmad Komarudin; Bambang Sri Wibowo; Fia Malati
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.842

Abstract

Pendidikan tinggi bertanggung jawab tidak hanya dalam mentransfer pengetahuan teoritis, tetapi juga dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis untuk menghadapi dinamika dunia bisnis. Program kewirausahaan di perguruan tinggi, khususnya melalui pengembangan penjualan produk seperti Mie Ayam Pangsit, menjadi upaya nyata untuk melibatkan mahasiswa dalam pengalaman bisnis langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan mengembangkan Program Kewirausahaan Mahasiswa, dengan fokus pada Studi Kasus Pengembangan Penjualan Mie Ayam Pangsit. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pengalaman dan persepsipeserta terhadap efektivitas kewirausahaan, dengan menggunakan teknik survey kuesioner. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan berharga bagi lembaga pendidikan tinggi dan praktisi bisnis untuk optimalisasi program-program kewirausahaan guna membentuk mahasiswa yang siap berkontribusi dalam dunia bisnis yang dinamis.
Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Marketing Pada Penjualan Produk Totebag Colour.Fun Hanggoro Purbo Kuncoro; Diana Pujiyani; Devine Paramitha W; Desvita Uno Henvi; Octavia Yasmin Putri Pratiwi; Mochamad Fatchurrohman; Etin Puspita Sari
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.845

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menjelaskan hasil keefektifan penggunaan media sosial marketing pada bisnis totebag dan kanvas “Colour.Fun”. Hal tersebut akan mempermudah pemilik bisnis untuk merancang strategi dan pengambilan keputusan ke depan terkait bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek yang diambil adalah pemilik bisnis Colour.Fun, yang mana merupakan lima orang mahasiswa semester lima berasal dari STIE Mahardhika Surabaya. Objek penelitian ini adalah produk totebag dan kanvas “Colour.Fun”. Data penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik triangulasi sumber. Peneliti menemukan bahwa Colour.Fun telah menerapkan 3 strategi pemasaran, yaitu whatsapp, instagram, dan event-event seperti bazar dan Car Free Day. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran menggunakan WhatsApp merupakan strategi yang paling efektif jika dibandingkan dengan menggunakan Instagram maupun event-event tertentu.
Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Brand Produk KimbapWey Della Amanda Safira Putri; Ike Nur Fadlilah; Siti Maulydia Islandi; Ayu Devina Putri; Veronica Yulia Rachma; Mochamad Fatchurrohman; Noneng R Sukatmadiredja
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.851

Abstract

Abstrak: Digital marketing di era industri 4.0 merupakan pendekatan alternatif untuk mempromosikan dan memasarkan merek dan produk para pelaku usaha sebagai kegiatan (PKM). Mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan ide kreatif untuk produk atau jasa baru dan berinovasi. Program PKM juga membantu meningkatkan kemampuan , pengetahuan, dan pengalaman berwirausaha. Melalui program kewirausahaan ini, kita juga dapat mempelajari berbagai macam proses pembuatan kimbab. Dengan menggunakan teknologi digital, penjualan dan pemantauan kebutuhan pelanggan menjadi lebih mudah. Pelanggan juga dapat dengan mudah memenuhi keinginan mereka dari mana saja dengan mengunjungi platform, toko online, atau akun media sosial lainnya. Tujuan penulisannya adalah untuk memanfaatkan media sosial dan memasarkan produk dan bisnis secara online. Untuk mencapai tujuan ini, penggunaan pemasaran digital sangatlah penting. Selain menawarkan peluang bagi pelaku usaha untuk menjadi lebih kreatif dalam mendesain packaging produk untuk menarik pelanggan dan meningkatkan nilai jual produk, edukasi ini juga berkaitan dengan pemasaran dan promosi. Untuk meningkatkan performa platform digital, packaging dan logo harus digunakan sebagai identitas merek image Kimbabwey. Diharapkan artikel ini akan membantu pelaku UMKM menerapkan pemasaran digital dengan baik dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Kata Kunci : Peningkatan, Digital, Pemasaran Abstract: Digital marketing in the industrial era 4.0 is an alternative approach to promote and market the brands and products of business actors as activities (PKM). Students have many opportunities to develop creative ideas for new products or services and innovate. The PKM program also helps improve entrepreneurial skills, knowledge, and experience. Through this entrepreneurship program, we can also learn various kinds of kimbab making processes. By using digital technology, sales and monitoring customer needs become easier. Customers can also easily fulfill their wishes from anywhere by visiting platforms, online stores, or other social media accounts. The purpose of writing is to leverage social media and market products and businesses online. To achieve this goal, the use of digital marketing is essential. In addition to offering opportunities for business actors to be more creative in designing product packaging to attract customers and increase product selling value, this education is also related to marketing and promotion. To improve the performance of digital platforms, packaging and logos must be used as Kimbabwey's brand image identity. It is hoped that this article will help MSME players implement digital marketing well and adapt to environmental changes. Keyword : Improvement, Digital, Marketing
Analisis Strategi Pemasaran Dengan Sistem Online Melalui Aplikasi Whatsapp Pada Penjualan Produk Jeans Drink Setiya Pratama Putra; Arnoldina Hoar; Leonita Tri Rahmawati; Salsabila Putri Ersida; Eka Auliana Syahrani; Christina Wulansari; Shobikin
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.858

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk menelaah strategi pemasaran produk “Jeans Drink” dengan menggunakan sistem online melalui aplikasi Whatsapp. Dalam konteks pasar yang terus berubah, pemasaran online menjadi kunci untuk mencapai target konsumen dengan efektif. Penjualan produk Jeans Drink terdapat 3 varian rasa yaitu Milk Tea, Green Tea, dan Thai Tea. Hal ini akan membantu pemilik bisnis membuat rencana dan membuat keputusan di masa depan. Subjek penelitian ini adalah pemilik bisnis produk "Jeans Drink" dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yang mana terdiri dari lima orang mahasiswa semester lima berasal dari kampus STIE Mahardhika Surabaya. Objek penelitian ini adalah produk “Jeans Drink”. Penelitian ini dilakukan di dapur produksi Jeans Drink. Hasil dari penelitian ini akan membantu beberapa kalangan bisnis maupun masyarakat yang nantinya akan menciptakan produk baru, seperti (1) Bisnis di masa depan dalam menggunakan strategi yang dapat meningkatkan penjualan produk jeans drink, (2) Bisnis ini telah menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan strategi umum mereka dalam meningkatkan penjualan, (3) Proses pemasaran harus disesuaikan dengan selera konsumen untuk mengurangi resiko penjualan.
Maksimalkan Kelezatan Dan Khasiat: Perencanaan Strategis Pemasaran Minuman Aloevera Dengan Pendekatan SWOT Rizky Fadhlurrahman Said; Alvira Putri Maharani; Amelia Kusnanda Ramadhani; Riska Nurkamila; Asyifa Ellen Lufenia; Anita Kartika Sari; Rifda Fitrianty SE., MM
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.860

Abstract

ABSTRACT: In an era of consumer focus on health and wellness, drinks made from Aloe Vera offer deliciousness and promising health benefits. Aloe Vera has been widely known for its benefits, such as improving the immune system, providing essential nutrients, maintaining healthy skin, and having detoxifying effects. Despite its great potential, the marketing of Aloe Vera drinks has not yet fully exploited its advantages, and there are still untapped opportunities in the market. SWOT analysis is used as support in business planning to identify strengths, weaknesses, opportunities and threats. In this research, the author used a qualitative descriptive method by observing field conditions and interviewing the owner of SPARKS Drink. SPARKS Drink's marketing strategy involves friendly service, pricing appropriate to consumer segments, product innovation, and selection of quality ingredients. Suggestions for SPARKS Drink include encouraging product innovation, establishing partnerships with local farmers, collaborating with influencers and online advertising campaigns, as well as monitoring industry changes and adapting strategies. Price flexibility is also recommended. By implementing these suggestions, SPARKS Drink can increase brand visibility and remain competitive in a competitive market. Keywords: SWOT, determining marketing strategy, benefits ABSTRAK : Dalam era fokus konsumen pada kesehatan dan kebugaran, minuman berbahan dasar Aloe Vera menawarkan kelezatan dan khasiat yang menjanjikan bagi kesehatan. Aloe Vera telah dikenal luas karena manfaatnya, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan nutrisi penting, menjaga kesehatan kulit, dan memiliki efek detoksifikasi. Meskipun potensialnya besar, pemasaran minuman Aloe Vera belum sepenuhnya memanfaatkan keunggulannya, dan masih ada peluang yang belum dimanfaatkan di pasar. Analisis SWOT digunakan sebagai pendukung dalam perencanaan bisnis untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengamati kondisi lapangan dan wawancara dengan pemilik SPARKS Drink. Strategi pemasaran SPARKS Drink melibatkan pelayanan yang ramah, penetapan harga yang sesuai dengan segmen konsumen, inovasi produk, dan pemilihan bahan berkualitas. Saran untuk SPARKS Drink termasuk mendorong inovasi produk, menjalin kerjasama dengan petani lokal, berkolaborasi dengan influencer dan kampanye iklan online, serta memantau perubahan industri dan menyesuaikan strategi. Fleksibilitas harga juga disarankan. Dengan menerapkan saran ini, SPARKS Drink dapat meningkatkan visibilitas merek dan tetap bersaing dalam pasar yang kompetitif. Kata Kunci: SWOT, penentuan strategi pemasaran, khasiat
Strategi Efektif Pengendalian Persediaan Barang Jadi Dalam Bisnis Mochi Ao Daifuku: Meningkatkan Efisiensi Dan Kelayakan Operasional Anggita Vira Yunita; Arfie Laillya Azrawanda Putri; Yana Sulistyowati; Noneng R Sukatmadiredja M.M.; Ainur Rohman; Mochamad Fatchurrohman; Lailul Hidayat
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.865

Abstract

Perkembangan bisnis makanan saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Pasalnya semakin banyak makanan baru yang kian bermunculan dan berinovasi. Salah satunya adalah bisnis makanan manis mochi “Ao Daifuku” atau mochi biru yang mengangkat tema dari negeri bunga Sakura Jepang. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi penerapan perencanaan dan pengendalian persediaan barang jadi dalam bisnis mochi “Ao Daifuku” yang meliputi persiapan stok barang yang siap jual, penanganan dan progres penjualan, laporan data stok sisa persediaan bahan baku jadi dengan barang fisik yang ada. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan perencanaan, pengendalian persediaan barang jadi dan meningkatkan efisiensi operasional dan kelayakan bisnis. Melalui observasi dan praktik lapangan yang mendalam, penulis menganalisis langkah konkret yang diambil oleh bisnis mochi Ao Daifuku dalam manajemen stok produk jadi, proses produksi, dan distribusi. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana strategi pengendalian persediaan yang terintegrasi dapat membawa perbaikan signifikan dalam efisiensi operasional, mengoptimalkan ketersediaan produk, dan memperkuat posisi Ao Daifuku di industri kuliner.
Pengembangan Wirausaha T-Shirt Twenty Threads Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Nanda Abelia Safitri; Mochammad Rafy Akbar; Oky Shofinatuz Zainafsiyah; Ira Dewi Anggraeni; Steven Paul Tarigan; Leonard Adrie Manafe; Rifda Fitrianty SE., MM
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.869

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan wirausaha pada produk T-shirt dengan fokus pada merek "Twenty Threads" melalui pemanfaatan teknologi digital. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan teknologi digital dapat meningkatkan efisiensi operasional, daya saing, dan keberlanjutan bisnis dalam industri pakaian. Metode pengembangan mencakup integrasi sistem manajemen bisnis berbasis digital, pemasaran online yang terarah, dan pelibatan konsumen melalui platform digital. Penelitian ini juga mengevaluasi dampak penggunaan teknologi digital terhadap pertumbuhan bisnis dan keberlanjutan lingkungan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemahaman praktis bagi pengusaha dalam meningkatkan kinerja bisnis T-shirt "Twenty Threads" melalui optimalisasi teknologi digital. Disini selain memperoleh keuntungan, dengan wirausaha kita juga bisa mengembangkan ide, meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan pekerjaan dan merekrut pekerja, dan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat. Hidup di zaman serba canggih, seharusnya membuat kalangan muda lebih mengerti dan bisa memanfaatkan digital technology. Dengan menggabungkan inovasi yang telah diciptakan, teknologi, dan kewirausahaan maka disini terciptalah keuntungan bagi penciptanya dan penggunanya.
Pendampingan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Nasi Comot Melalui Strategi Pemasaran Ayu Muninggar; Ummu Salamah; Bayu Purwanto; Rega Hilmy; Ahmad Rizal; Leonard Adrie Manafe; Kusuma Adi Rahardjo
Jurnal Hilirisasi Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2024): February 2024
Publisher : STIE Mahardhika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/jihapenmas.v1i1.870

Abstract

Semakin kesini perkembangan zaman meningkat pesat dan ini mempengaruhi pada perekonomian negara, banyak anak mudah zaman sekarang sangat tertarik untuk memulai bisnis. Maka dari itu banyak program kewirausahan hadir untuk meningkatkan keinginan para mahasiswa/I ingin memulai bisnis. Melalui program ini dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kemandirian mahasiswa memulai bisnis/wirausaha. Biasanya program ini di mulai pada mahasiswa semester 5, karena kebijakan dari kempus mahasiswa disuruh untuk melakukan sebuah bisnis/PKM. produk dari penulis ini terinspirasi dari orang – orang pekerja/anak sekolah yang belum sempat sarapan, maka dari itu penulis ini membuat produk makanan yang simple dan praktis yang dinamakan Nasi Comot. Kegiatan ini meliputi tahap perencanaan,implementasi, evaluasi, dan analisa hasil kegiatan yang meliputi faktor keuangan,pemasaran, dan faktor produksi. Dari bisnis yang penulis ini lakukan ini dapat di artikan berhasil dapat di lihat dari segi keuangan atau segi marketing dalam pengembangan bisnis makanan dan dapat bersaing dengan umkm lainnya karena dapat di terima oleh anak anak, pemuda dan orang tua

Page 1 of 3 | Total Record : 30