Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 6 No 01 (2025): Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

Workshop Penguatan Penerapan Model Project Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Inpres Lewidewa

Hairunisa, Anis (Unknown)
Hakim, Arif Rahman (Unknown)
Fitrianingsih, Nur (Unknown)
Ahyar, Ahyar (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Model project based learning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan untuk diterapkan dalam implementasi kurikulum merdeka. Namun kenyataannya, penerapan model tersebut masih minim diterapkan oleh guru di sekolah mitra. Penyebabnya adalah minimnya keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL dalam proses pembelajaran. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL yang sesuai dengan sintaks pembelajaran dan prinsip-prinsip kurikulum merdeka. Sekolah yang menjadi mitra sasaran dalam kegiatan ini yaitu SDN inpres Lewidewa dengan jumlah guru yang mengikuti kegiatan sebanyak 16 guru. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu metode workshop. Hasil kegiatan menunjukkan secara keseluruhan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL sesuai tahapan sintaks pembelajaran sebesar ±75 % pada kategori “Baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah mitra.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

darmabakti

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan jurnal elektronik maupun cetak. Junal ini berisi hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang merupakan hilirisasi dari hasil penelitian diberbagai macam bidang ilmu diantaranya Agama, Pertanian, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, ...