Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2025): Juni

Systematic literature review: Model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis

Suryono, Mazi'idah Salsabilah (Unknown)
Tia Purniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kemampuan dalam memecahkan masalah matematis menjadi elemen krusial dalam pembelajaran matematika. yang sayangnya masih rendah pada sebagian besar siswa. Rendahnya kemampuan ini sering kali disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang efektif dalam mengasah daya pikir kritis dan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi beragam model pembelajaran matematika yang sudah dilaksanakan dalam rangka mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Dalam penelitian ini, metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan. Berdasarkan hasil analisis, terdapat sepuluh model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berbagai model pembelajaran mempunyai karakteristik dan kekuatan masing-masing dalam memfasilitasi siswa untuk memahami permasalahan, membuat solusi, dan memecahkan soal matematika berdasarkan kebutuhan siswa. Model pembelajaran dapat disimpulkan memiliki peran untuk membangun lingkungan belajar yang aktif, kontekstual, serta bermakna, yang berkontribusi pada tumbuhnya kepercayaan diri siswa, mandiri, dan terampil ketika menyelesaikan masalah matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

notasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian ...