Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dalambahasa Bugis berdasarkan pengalaman siswa kelas XII SMA Negeri 2 Soppeng. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3 SMA Negeri 2 Soppeng. Sampel yang ditetapkan sebanyak 90 siswa menggunakan teknik sampel total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Keseluruhan data yang di peroleh di analisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen dalam bahasa Bugis, diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas XII SMA Negeri 2 Soppeng mampu menulis cerpen dalam bahasa Bugis Berdasarkan Pengalaman. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari 90 siswa yang dijadikan sampel, yang memperoleh nilai ≥75 berjumlah 80 siswa dengan persentase 89%  dan sampel yang memperoleh nilai <75 berjumlah 10 siswa dengan persentase 11%. Kriteria yang ditetapkan sebagai patokan yaitu siswa dikatakan mampu jika 75% sampel memperoleh nilai ≥75 dan dinyatakan mampu jika lebih dari 75% memperoleh nilai ≥75. Jadi, secara kuantitatif disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen dalam bahasa Bugis berdasarkan Pengalaman siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Soppeng dinyatakan mampu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025