Jurnal Pedagogik
Vol 12, No 2 (2024)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA TERNATE PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DISEKITAR KITA

Tiara, Tiara (Unknown)
Hadi, Darmawati (Unknown)
Ahsan, Sukria (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 51,30% dari 23 siswa yang mengikuti tes hanya terdapat 6 siswa yang tuntas dan berhasil mecapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum KKM dengan presentase ketuntasan 26,08% sedangkan 17 siswa lainnya belum tuntas dan belum mencapai nilai KKM. Kemudian dengan adanya perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh skor rata-rata 76,08% dari 23 siswa yang mengikuti tes yang tuntas berhasil mencapai nilai KKM sebanyak 19 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 82,60% sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dan belum mencapai nilai KKM.. Berdasarkan hasil presentase diatas dapat di simpulkan bahwa dengan menggunkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagigk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pedagogik adalah Jurnal Pendidikan yang Berorientasi pada Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah ...