Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 4 No 3 (2023): September (2023)

Penerapan Pembelajaran Al-Qur'an Berbasis Keterampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar

Rizkinta, Elga Novira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Abstrak penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran Al-Qur'an berbasis keterampilan membaca pada siswa sekolah dasar. Masalah umum yang dihadapi adalah kurangnya pendekatan yang mengutamakan keterampilan membaca yang benar dalam pembelajaran Al-Qur'an, sehingga banyak siswa yang hanya mampu menghafal tanpa memahami kaidah tajwid yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan pembelajaran berbasis keterampilan membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan benar dan sesuai kaidah tajwid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur, jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan mengenai pembelajaran Al-Qur'an berbasis keterampilan membaca. Penelitian ini juga menganalisis peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam mendukung pembelajaran keterampilan membaca Al-Qur'an di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis keterampilan membaca yang mengintegrasikan metode tajwid terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an. Penggunaan media berbasis teknologi juga dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, meskipun tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan guru masih menjadi hambatan. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pelatihan guru untuk mengajarkan keterampilan membaca dan penggunaan media teknologi yang dapat mendukung pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan oleg Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara yang terbit 4 kali dalam setahun. adapun edisinya yaitu: Januari – Maret, April - Juni, Juli-September, Oktober – ...