Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning dalam dan pembelajaran cerpen pada siswa kelas 6 UPT SPF SD Inpres Baraya 1 dan mendeskripsikan keaktifan model Problem Based Learning dalam pembelajaran cerpen pada siswa kelas 6 UPT SPF SD Inpres Baraya 1. Penelitian ini menggunakan sampel kelas 6 (A) dan kelas 6 (B) dengan jumlah siswa 64 orang sedangkan sumber data menggunakan data primer. Analisis data penelitian ini menggunakan pengolah data dengan SPSS. Alat uji yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji one – sampel test. Penyajian data dengan tabel dan narasi yang berhubungan dengan variabel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terkait pembelajaran cerpen dengan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 6 UPT SPF SD. Inpres Baraya I. Tugas utama seorang guru hanya mendidik, melatih dan mengajar siswa. Akan tetapi yang lebih penting dapat menumbuhkan minat belajar siswa yang menyenangkan melalui kegiatan diskusi di kelas, Hasil pretest dengan nilai rata – rata 65 sedangkan posttestnya dengan rata – rata 73. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar seharusnya dilakukan dengan berbagai pendekatan. Pendekatan dan metode belajar yang tepat membuat siswa lebih mudah menguasai pelajaran dengan cepat. This study aims to determine, (1) describe the Problem Based Learning model in and short story learning for grade 6 students of UPT SPF SD Inpres Baraya 1, (2) to describe the activeness of the Problem Based Learning model in short story learning for grade 6 students of UPT SPF SD Inpres Baraya 1. This study used samples of grade 6 (A) and grade 6 (B) with a total of 64 students while the data source used primary data. Data analysis of this study used data processing with SPSS. The test tools used were normality test, homogeneity test and one-sample test. Data presentation with tables and narratives related to the research variables. The results of this study indicate that related to short story learning with the Problem Based Learning Model can improve student achievement and learning outcomes in learning Indonesian language class 6 UPT SPF SD. Inpres Baraya I. The main task of a teacher is only to educate, train and teach students. However, what is more important is to be able to foster students' interest in learning which is enjoyable through discussion activities in class, The pretest results with an average score of 65 while the posttest with an average of 73. In learning Indonesian language in elementary schools should be carried out with various approaches. The right approach and learning method make it easier for students to master lessons quickly.
Copyrights © 2025