Bullying merupakan masalah serius yang kerap terjadi di lingkungan sekolah dasar dan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan emosional, psikologis, serta akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidik dalam menanggulangi dampak bullying terhadap peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literatur. Metode kualitatif dipilih untuk menggali secara mendalam dan memahami fenomena yang kompleks melalui analisis terhadap berbagai sumber literatur yang relevan. Penelitian ini menggali bagaimana pendidik berperan sebagai fasilitator, mediator, dan pembimbing dalam mencegah serta menangani kasus bullying. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan suportif bagi peserta didik. Mereka juga berperan dalam meningkatkan kesadaran akan dampak bullying serta membimbing peserta didik untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang lebih baik. Selain itu, partisipasi aktif pendidik dalam intervensi dini dan pengawasan di lingkungan sekolah terbukti efektif dalam mengurangi insiden bullying. Oleh karena itu, pelatihan pendidik mengenai strategi pencegahan dan penanganan bullying menjadi esensial dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan aman.
Copyrights © 2025