Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 2 No. 6 (2023): Desember 2023

Efektivitas Metode Montessori Dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas Rendah SD Lab School FIP UMJ

Fitria Rosmi (Unknown)
Pratiwi Kartikasari (Unknown)
Siska Yuningsih (Unknown)
Luciana Anggraeni (Unknown)
Lezkha Yuztianti Raisya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Montessori dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa SD Lab School FIP UMJ. Dengan menggunakan metode Montessori, siswa dilatih untuk melakukan sesuatu sendiri dengan arahan dari guru dan orang tua. Di sekolah siswa dilatih untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara sadar dan bertanggung jawab. Pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa alat yang digunakan dalam kegiatan siswa seperti kancing, tambal sulam, jarum, benang, pensil, gunting. Dalam kegiatan membuat sarapan sendiri, siswa membawa beberapa bahan seperti roti, irisan daging sapi, selada, keju, saus kemasan, mayonaise, dan lain sebagainya. Dengan pembelajaran kegiatan sehari-hari dapat melatih siswa dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab. Terdapat 18 karakter namun penelitian ini hanya berfokus pada karakter tanggung jawab. Kesadaran siswa untuk melakukan aktivitas sehari-hari sendiri perlu ditanamkan pada diri siswa secara terus menerus. Karakter tanggung jawab tidak dapat terbentuk dengan sendirinya, melainkan melalui kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus atau terus menerus. Mewujudkan karakter tanggung jawab merupakan nilai luhur bagi kehidupan makhluk individu, makhluk sosial yang mengasah karakter tanggung jawab agar berperilaku baik, berbuat baik, dan berakhlak mulia. Tanggung jawab dapat berupa tindakan atau ucapan. Fokus penelitian ini adalah tindakan siswa. Konsekuensinya bagi siswa yang tidak mampu menanamkan karakter tanggung jawab akan mendapat sanksi sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...