mengukur Benda dengan Sederhana mencerminkan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan eksplorasi konsep panjang dengan penggunaan metode sederhana dalam pengukuran benda. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 1 SD sebagai subjek utama, dengan metode eksperimen yang menggunakan alat pengukur sederhana seperti penggaris atau pita pengukur. Teknik pembelajaran termasuk demonstrasi, praktik langsung, penggunaan contoh kasus nyata, permainan edukatif, serta penggunaan media pembelajaran yang menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan "menjelajahi panjang" dengan metode "mengukur benda dengan sederhana" efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep panjang dan pengukuran. Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan panjang benda-benda sehari-hari, mengaplikasikan pengukuran dengan alat sederhana, serta membangun fondasi pemahaman yang kokoh terkait ukuran benda. Metode ini juga membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengonversi konsep abstrak menjadi pengukuran konkret, membangun minat siswa terhadap pembelajaran ilmu pengetahuan, serta memberikan dasar yang penting bagi keterampilan praktis di kehidupan sehari-hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024