Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas IV SD dalam memahami ide pokok pesan lisan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Permasalahan yang muncul adalah banyak siswa belum mampu mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pemahaman siswa kelas IV SD 02 terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada capaian memahami ide pokok pesan lisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah lima siswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menangkap ide pokok dari pesan lisan yang disampaikan, khususnya dalam membedakan antara informasi utama dan informasi tambahan. Temuan ini mengindikasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan strategi penyampaian materi yang lebih terstruktur untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Copyrights © 2025